KONSERVASI SUMBER DAYA AIR GUNA MENINGKATKAN KELESTARIAN AIR

KONSERVASI SUMBER DAYA AIR GUNA MENINGKATKAN KELESTARIAN AIR

Oleh Dina Puspita Dewi

 

Sumber Daya Air (SDA) Indonesia adalah yang terbesar di kawasan ASEAN.  Namun kini  pengelolaan SDA di  Indonesia menunjukan gejala yang semakin mengkhawatirkan, hal ini dikarenakan  adanya berbagai masalah antara lain masalah banjir dan kekeringan yang semakin parah dari tahun ketahun, ditambah lagi konflik penggunaan air dan sumber daya air baik antar sektor dan antar wilayah yang semakin serius;  kerancuan dan ketidakjelasan pembagian wewenang dan tangungjawab pengelolaan sumber daya air, kinerja prasarana sumber daya air yang ada cepat mengalami penurunan, kurangnya perhatian kita terhadap aspek pengaturan, pengendalian dan pengawasan, semakin terbatasnya data dan informasi sumber daya air baik menyangkut kualitas dan kuantitasnya, serta kurangnya peran serta masyarakat. Hal tersebut harus diperbaiki melalui berbagai upaya baik aspek ketatalaksanaan, kelembagaan, maupun sumberdaya manusianya.

Dewasa ini, masyarakat Indonesia tidak lepas dari kebutuhan akan air baik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari maupun yang lainnya. Sehingga membuat air begitu sangat penting dimata masyarakat pada umumnya. Air merupakan elemen terpenting dalam kehidupan. Namun, saat ini kondisi air sangat kritis. Maka perlu adanya konservasi SDA. Konservasi sumberdaya air adalah upaya memelihara keberadaan serta keberlanjutan keadaan, sifat dan fungsi sumber daya air agar senantiasa tersedia dalam kuantitas dan kualitas yang memadai untuk memenuhi kebutuhan mahluk hidup, baik pada waktu sekarang maupun yang akan datang.

Sumberdaya air merupakan bagian dari kekayaan alam dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk kemakmuran rakyat, secara lestari sebagaimana termaktub dalam pasal 33 ayat 3 UUD 1945. Ketetapan ini ditegaskan kembali dalam pasal 1 Undang Undang Pokok Agraria tahun 1960 bahwa bumi, air dan ruang angkasa termasuk kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dalam wilayah Republik Indonesia sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa adalah merupakan kekayaan nasional. Sumberdaya air ini memberikan manfaat serbaguna untuk mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat di segala bidang baik sosial, ekonomi, budaya, politik maupun bidang ketahanan nasional.

Pada era globalisasi saat ini kebutuhan akan air bersih meningkat, yang dikarenakan  banyak  negara-negara berkembang memusatkan kepentingan di sektor industri. Dampak dari pembangunan ini ialah semakin sedikitnya ruang terbuka hijau yang merupakan sebagai daerah  resapan air. Pembangunan industri yang tanpa memperhatikan kelestarian lingkungan, yang menyisakan  limbah  hasil olahan industri tanpa didaur ulang kembali. Sehingga dapat mencemari air tanah.

Melihat sumber air di Indonesia saat ini sangat mengkhawatirkan. Kurangnya konservasi dan pemberdayaan sumber daya air yang buruk menyebabkan sumber air di Indonesia semakin kritis. Sikap masyarakat yang tak peduli akan alam semakin memperburuk keadaan. Maka dari itu konservasi sumber daya air harus dilakukan  dan penerapan undang-undang sumber daya air yang tegas harus di berlakukan.Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kelestarian air sehingga air dapat lestari di masa mendatang.

Dalam upaya konservasi sumber daya air , tentunya kita tak dapat berdiri sendiri. Perlu dukungan dari orang lain agar hal ini dapat terwujud. Konservasi air tak dapat berjalan lancar tanpa adanya peran masyarakat dan pihak pemerintah yang ikut terlibat didalamnya. Kesadaran yang tinggi akan SDA sangat diperlukan. Usaha yang dapat kita lakukan adalah menyuarakan konservasi sumber daya air pada masyarakat sekitar. Memang tak mudah melakukannya namun itulah yang dapat kita lakukan agar kelangsungan hidup dapat terjaga terutama kelestarian air.

Dengan langkah secara  perlahan dalam menyuarakan kampanye konservasi sumber daya air itulah cara sederhana untuk mengawali kampanye konservasi SDA. Langkah selanjutnya kita dapat memberi tahu upaya-upaya apa saja yang dapat kita lakukan dalam konservasi sumber daya air.

Kemudian beri tahu dampak apa saja yang akan terjadi pada masa sekarang maupun masa yang akan datang apabila kita tidak peduli akan konservasi SDA. Selain itu kita dapat bersosialisasi dengan masyarakat luat melalui jalur apasaja,baik secara langsung, media sosial, media cetak, dan sebaginya dalam menyuarakan hal tersebut.

Kelansungan hidup di muka bumi akan terjaga bila kelestarian air di bumi masih terjaga. Bila tidak sekarang, kapan lagi? Bila tidak kita siapa lagi? Dengan cara inilah kita dapat sedikit melindungi kemungkinan buruk yang akan terjadi di masa mendatang.

 

 

Referensi :

https://mahadarmaworld.wordpress.com/2011/12/27/konservasi-sumber-daya-air

http://zenithrei.blogspot.com/2012/05/konservasi-sumber-daya-air.html

DR.IR. APRISAL.Msi , Konservasi Sumber Daya Air.pptx

Leave a Reply