“Motivation is what gets you started. Habit is what keeps you going.”

Jim Rohn

Bukankah kita semua ingin menjadi orang yang sukses suatu hari nanti? Tentu saja akan menjadi suatu hal yang luar biasa jika jalan menuju hal tersebut mudah. Tapi sayangnya tidak, kenyataannya kita akan sukses jika kita terus berusaha keras dan mendorong diri kita sendiri untuk melakukan sesuatu yang tidak terlalu kita inginkan.

Hal itu merupakan hal yang absolut menurut saya, karena otak kita terkadang seperti sudah terikat akan berbagai hal untuk merasa tidak nyaman dalam melakukan hal yang tidak mudah dan tidak kita inginkan, meski kita juga tahu bahwa dengan hal itu kita akan berkembang dengan melesat jika melakukan hal lebih dari kebiasaan kita. Itulah hal yang harus kita untuk melangkah keluar dan melakukan hal yang diluar kebiasaan, kita sehingga sedikit demi sedikit akan mendekat dengan hal besar yang ingin kita capai – Kesuksesan.

Kalau bahasa gaulnya itu biasa kita sebut dengan keluar dari zona nyaman. Dengan beberapa pemahaman dan perubahan, saya yakin jika kita bisa merasa tertantang dan mencapai impian pun bukan hal yang mustahil lagi. Jadi melangkahlah keluar dan tantang dirimu untuk melakukan hal baru dan lebih lagi!

Bangunlah Lebih Awal dari Sebelumnya!

Bangun pagi! Tiap hari bangun pagi-pagi terus? Bangun lebih pagi lagi! Atur alarm menjadi lebih awal dari sebelumnya. Jika anda seorang muslim, setelah ibadah shubuh jangan tidur lagi. Ini adalah langkah awal untuk keluar dari zona nyaman.

Bagaimanapun, bangun lebih pagi dan memanfaatkan waktu tersebut dengan hal yang lebih bermanfaat adalah sesuatu yang luar biasa. Orang sukses pun kebanyakan mengakui bahwa kebiasaan mereka di pagi hari menjadi salah satu kunci menuju kesuksesan mereka. Bangun lebih pagi akan memberi kesempatan lebih untuk membuat mentalmu lebih siap lagi untuk menghadapi rutinitas yang akan dihadapi. Baca buku, olahraga, atau hal bermanfaat lain akan memberimu waktu untuk menikmati indahnya pagi. Let fajr brighten your day…

Mintalah Pendapat Orang Lain, But Don’t Let Them Consume You.

Pendapat orang lain akan mampu membantu melihat kerendahan hati, kesadaran diri kita, sekaligus membuat kita merasa tertantang untuk menjadi orang yang lebih baik lagi. Meski memberi atau menerima pendapat tidak selalu mudah, tetapi ingat apa yang akan kita dapatkan dari hal tersebut. Bagaimanapun, jika kita terbuka, kita akan melihat kemampuan dan personal kita akan berkembang terus dari waktu ke waktu. Take others opinion lightly, very lightly.

Akui Kesalahan Sendiri

“Any man can make mistakes, but only an idiot persists in his error.”

Marcus Tullius Cicero

Memang sangat tidak nyaman jika kita melakukan kesalahan. Tapi hal yang paling efektif untuk membunuh ketidak nyamanan tersebut adalah dengan merubah sesuatu menjadi benar kembali dan bergerak, akui kesalahan tersebut.

Untuk menjadi seorang manusia yang tidak kurang ajar seharusnya kita bertanggung jawab dalam memahami keberhasilan dan kegagalan kita. Belajar memahami kesalahan kita akan membuat kita dihargai orang lain juga, belajar dari sebuah kegagalan akan membangun kultur yang saling memahami satu sama lain (jangan baper bacanya).

Berbaurlah

Mayoritas hal yang tidak terduga dan luar biasa berasal dari obrolan kecil atau obrolan iseng saja. And just like me, yang berawal dari obrolan kecil bareng temen lama sewaktu sekolah bahwa saya ingin mendirikan sebuah startup, dan beberapa bulan kemudian lahirlah startup dari obrolan iseng ini, yang bahkan saya pun masih belum percaya akan hal ini.

Dengan berbaur dengan orang lain, mata kamu akan terbuka, pikiran kamu akan terbuka, membuatmu memiliki pengetahuan lebih. Berbaur dengan orang lain adalah elemen penting dalam suatu profesi atau rutinitas apapun. Belajarlah berkomunikasi dan melakukan obrolan kecil dengan orang-orang, dan kamu akan menikmatinya.

 

Kurangi Menunda-nunda

Hal ini mungkin sesuatu yang super sulit untuk dilakukan. Tetapi terkadang ‘besok aja’ itu sering berubah menjadi ‘besok aja’ lagi pada keesokan harinya dan seterusnya hingga hal tersebut menjadi suatu desakan yang wajib dilakukan. Disaat kamu menunda terus, orang-orang yang memiliki jiwa orang sukses melakukannya tanpa menunda, mereka berhenti membuat suatu alasan untuk menunda hal tersebut.

Intinya, kita jangan sampai membuat penundaan itu terjadi. Rencanakan apa yang harus kamu lakukan besok, lusa, dan seterusnya. Buat pekerjaan atau tugasmu terjadwal, dan kamu pun akan menjadi seorang individu yang mampu. diperhitungkan, just imagine…

Just let go

Jangan sampai terlalu terbebani apa yang terjadi padamu sebelumnya, baik atas pekerjaanmu, kerabatmu, atau apapun. Karena hal itu bisa saja membentuk suatu hubungan yang buruk, menurunnya produktivitas, merasa insecure, dan adiksi pada sosial media. Setelah melepas/move on atas apa yang tidak ada lagi hubungannya dengan kita, kita akan mampu menjadi lebih positif dan produktif kembali.

“What I find really interesting is to try and mix it up, to push myself and try different things. I don’t want to stay in my comfort zone. I want to take risks and keep myself scared.”

Michael Fassbender