Apakah kita semua sudah paham betul apa itu uang? Bagaimana bank terbentuk? Bagaimana sejarah penggunaan uang sebagai alat tukar? Dan kelemahannya? Post ini akan menceritakan bagaimana uang pertama kali digunakan sebagai alat tukar. Inspirasi dari The American Dream Movie.

Pada abad ke 10, orang-orang saat itu menerapkan sistem BARTER, menukarkan barang yang mereka punya untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Contohnya, orang yang memiliki raspberry, bernama Hartman ingin menukarkannya dengan semangkuk kue pie yang dimiliki oleh Pile.

Tetapi, sistem barter ini menimbulkan banyak masalah, diantaranya tidak semua orang butuh/suka terhadap benda yang ditukarkan, juga sistem ini menyulitkan karena si penukar harus selalu membawa benda yang ingin ditukarkan.

Kemudian, suatu hari, pedagang emas datang dan berkata “Sekarang, semua orang berpikir emas itu berharga, jadi mengapa tidak menukar emas dengan sesuatu yang mereka butuhkan?”

Harga sudah ditetapkan untuk emas dan sudah sangat mudah untuk melakukan jual-beli. Tetapi, emas yang banyak disimpan mudah untuk dicuri. Sehingga, si pedagang emas datang kembali dan berkata “Aku bias menyimpan emasmu, (tetapi) dengan sedikit bayaran”. Pile setuju, dan Hartman berbicara kepadanya “Beginilah cara bank pertama membuat uang.”

Pile diberi 100 IOU (istilah untuk uang). Yang banyak orang tidak tahu adalah IOU itu adalah SURAT HUTANG dan BUKAN UANG SUNGGUHAN, juga singkatannya yaitu I Owe You (Saya berhutang padamu). Masyarakat yang ada mulai menggunakan IOU itu karena berpikir IOU itu sama berharganya dengan emas, padahal tidak.

Pile dan Hartman membeli coklat yang berharga 1 IOU. Tidak lama kemudian, harga coklat itu naik menjadi 10 IOU. Hartman memberitahu Pile, itulah yang namanya Inflasi. Membuat IOU itu turun harganya hingga tidak punya harga sama sekali, dan membuat kita merasa kurang uang.

“Itu tidak adil”, Pile kesal. “Menurutmu bagaimana cara bank mendapatkan uang, Pile?” Tanya Hartman. Bank memberi lebih banyak hutang dan mencetak lebih banyak IOU tanpa simpanan emas, kemudian menyenangkan masyarakat dengan pinjaman (Loan) tanpa ada satupun yang menyadarinya. Kecuali sampai semua orang meminta emasnya kembali dalam waktu bersamaan.

Jika masyarakat menarik uangnya secara bersamaan, terjadilah RUSH. Masyarakat meminta emasnya kembali, tetapi bank itu sudah tidak mempunyai lagi emas simpanan, dan akhirnya bank itu menjadi BANKRUPT.

Itulah uang, mungkin banyak yang baru tahu akan apa itu uang.

Ingat, DEBT EQUALS to MONEY.

Have a nice day… with your MONEY 🙂